Posted by : Dewi Purnamasari
Jumat, 25 November 2016
1
1.a).Pengetian Marketing Mix adalah strategi
pemasaran yang di laksanakan secara terpadu atau strategi pemasaran yang di
lakukan secara bersamaan dalam menerapkan elemen strategi yang ada dalam
marketing Mix itu sendiri.
b).7P nIm Marketing Mix yaitu :
1.
Produk
2.
Price
3.
Promotion
4.
Place
5.
Partisipant/ People
6.
Proses
7.
Physical Evidence
c). Marketing
Mix untuk semua barang
Marketing
mix memang berlaku untuk semua barang/produk yang diperjualkan. Namun,
barang/jasa tersebut yang kita jual biasanya bukan hanya sekedar menjual
produk, tetapi juga kualitas pelayananya. Inilah yang bisa menjadi daya tarik
tersendiri bagi kita yang menawarkan nilai tambah.
2. Perusahaan yang menyediakan orientasi
pasar dan yang tidak berorientasi
Perusahaan yang berorientasi kepada pasar adalah menekankan fungsi
penjualan demi kelangsungan sebuah usaha. Titik tekan aktivitas bisnis adalalah
upaya menjual sesuatu yang dapat dibuat dengan berbagai cara. Keuntungan usaha
bisa diperoleh dari volume penjualan produk bisnis. Di saat persaingan sangat
ketat dan banyak produk yang berkualitas saatnya usaha yang didirikan berubah
dari berorientasi pada produk menjadi berorientasi pada Pasar (market). Jika dilihat untuk keberhasilan di
jangka panjang, lebih baik perusahaan yang tidak melakukan orientasi terhadap
pasar. Namun bagi perusahaan yang tidak berorientasi terhadap pasar, perusahaan
tersebut harus melakukan orientasi terhadap produk agar usahanya bertahan hidup
dengan melakukan spesialisasi dan berbiaya rendah dalam hal produksinya. Usaha
yang dilakukan berfokus pada bagaimana meningkatkan daya saing produk di pasaran. contohnya seperti perusahaan gojek. Saat mulai banyak perusahaan
jasa yang didirikan dan pelayanannya hampir sama, maka gojek akan berupaya
meningkatkan pelayanan jasanya. Sehingga para konsumen akan banyak memilih
layanan gojek karena menambah pelayanan-pelayanan tertentu yang memudahkan
konsumen.
3.a). Harga memberi dorongan bagi
pengsaha untuk membuat barang
Kita tentu tahu perilaku konsumen
yang sangat identik, yaitu menginginkan harga serendah mungkin untuk membeli
sesuatu. Namun produsen ingin menjual sesuatu dengan harga yang tinggi agar
mendapatkan laba. Tapi tidaklah terjadi sebuah transaksi jika keduanya tidak
ada yang mengalah. Maka dalam hal ini produsen harus bisa mengambil inisiatif
untuk memproduki suatu barang dengan biaya yang rendah namun dapat menghasilkan
laba. Saat biaya produksi sedang mengalami penurunan maka perusahaan harus
mengambil langkah cepat untuk memproduksi barang sebanyak mungkin.
b). Pengaruh harga bagi konsumen dalam
menetapkan pembelinya
Seorang konsumen akan melakukan penetapan pembeliannya
terhadap harga dalam sebuah pasar. Saat harga suatu barang itu murah pasti banyak
konsumen yang membelinya, jika suatu harga barang itu naik maka sedikit
konsumen yang membelinya. Ini berarti harga suatu barang sangat mempengaruhi
jumlah barang yang dikonsumsi dan produksi.
Sumber :
http://maulhusna11.blogspot.co.id/