Posted by : Dewi Purnamasari Jumat, 21 Oktober 2016

 1) Pengertian Bisnis
 Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnisyang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
Pendapat Raymond E Glos dalam bukunya yang berjudul “Business : its nature and environment : An Introduction” yang dikutip oleh Umar, bisnis adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka (Umar, 2005:3)
  Pengertian bisnis menurut Plowman,bisnis merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pembelian atau penjualan barang dan jasa yang dilakukan secara berulang-ulang.Menurut Patersoon dan Plowman penjualan jasa ataupun barang yang hanya terjadi satu kali saja bukanlah pengertian bisnis.
Pengertian bisnis menurut Hunt dan urwaich.bisnis ialah segala perusahaaan apapun yang membuat,mendistribusikaan ataupun menyediakan berbagai barang ataupun jasa yang dibutuh kan oleh anggota masyarakat lainnya serta bersedia dan mampu dalam membeli atau membayarnya.

2) Karakteristik Sistem Bisnis
-      KOMPLEKSITAS DAN KEANEKARAGAMA
  Yaitu bisnis yang muncul dengan berbagai sector dengan beberapa kelompok industry . Masing –masing industry yang terkumpul didalamnya terdapat perusahaan –perusahaan yang bervariasi dalam bentuk kepemilikan, volume bisnis, struktur modal, dan lingkup aktivitasnya, serta gaya manjemen yang diterapkan .Contohnya, pembuat perkakas elektrik, dan produk – produk elektronik .Kompleksitas yang dihadapi oleh perusahaan – perusahaan yang sudah go public atau go internasional memiliki perbedaan dengan tantangan yang dihadapi oleh produk local. Selain menghadapi perbedaan dalam perilaku konsumen , perusahaan global juga menghadapi kendalaekonomis, misalnya penetapan tariff dan kuota untuk ekspor dan impor oleh Negara tujuan .-      SALING KETERGANTUNGAN
  Yaitu masing –masing perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibuthkan oleh perusahaan lain . hasil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain, demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain.Ketergantungan juga dapat dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan yang berada dalam suatu Negara, dan ingin meningkatkan permintaan produknya tentu akan mempertimbangkan untuk menjualnya keluar negeri jika pasar dalam negeri melebihi kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini perusahaan harus bekerja sama dengan asosiasi/ lembaga-lembaga perdagangan untuk membantu memasarkan produk-produk.     .-.-      PERUBAHAN DAN INOVASI
   Perubahan dan inovasi sangat diperlukan dalam bisnis terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnisyang cepat. Namun dalam pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu menawarkan produknya sesuai dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan secara tidak langsung ditinggalkan oleh pelangganya. Perubahan dan inovasi dalam bisnis bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, Karena adanya perubahan lingkungan, seperti pendapatan yang tetap , trend atau model yang berubah, serta gaya hidup dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.Alternatif yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi perubahan di lingkungan bisnis yaitu ;
1. mengembangkan produk yang sudah ada di pasaran misalnya dari segi kemasan, manfaat dan bentuk pelayanan.
2. menciptakan produk yang benar – benar baru .
Masing –masing alternatif tersebut harus dipikirkan matang –matang oleh perusahaan dalam menentukannya dan harus dilihat batasan – batasan yang dimiliki oleh perusahaan seperti, teknologi, keterampilan dan anggaran yang dimiliki perusahaan .  
3) Peran Bisnis dalam Kehidupan Masyarakat Sekarang
    Menurut saya peran bisnis dalam kehidupan masyarakat sekarang sangatlah berperan besar baik yang mempunyai usaha perorangan,perusahaan persekutu atau bahkan dalam kehidupan pribadi.Karena tanpa kita sadari kita mungkin pernah melakukan bisnis walaupun itu secara kecil-kecilan tanpa menghapus arti dari bisnis ialah melakukan kegiatan yang menghasilkan  keuntungan.Bagi saya setiap orang ingin melakukan bisnis untuk mendapatkan keuntungan ,tetapi tergantung dari tekad dalam dirinya sendiri dan juga modalnya.Karena bisnis meningkatkan profit dan meningkatkan kemakmuran hidup pemiliknya.Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Dengan berbisnis banyak keuntungan yang kita dapatkan tetapi  juga mempunyai resiko yang sangat tinggi pula.Bisnis dijaman sekarang ini jaman modern sudah banyak aplikasi-aplikasi internet sehingga memudahkan para penjual untuk menjual dagangan mereka melalui aplikasi tersebut dan tidak perlu bertemu hanya mengunakan sistem online dan barang yang mereka inginkan akan dikirim melalui Pos,Tiki,JNE dan masih banyak lagi usaha bisnis  melalui perusahaan jasa.
    Contoh peranan bisnis ini saya ambil dari kehidupan saya sendiri.Orang tua saya mempunyai usaha sembako,usaha ini sudah didirikan semenjak saya masuk sekolah kelas VII SMP.Keluarga saya membangun usaha tersebut dimulai dari nol dan alhamdulilah sekarang usaha keluarga saya masih berjalan dengan lancar dan banyak pelanggan  yang setia untuk belanja ditoko saya.Semua itu karena keuntungan yang kami ambil tidak lah banyak dan juga pelayanan yang kami berikan tidak mengecewakan.Saya juga tidak luput ikut campur tangan dalam usaha orang tua saya,saya juga membantu orang tua saya dalam memberikan pelayanan dan juga mengecek jika ada barang yang datang serta saya juga menjadi kasir jika orang tua saya tidak berada dirumah.Usaha keluarga saya juga tidak luput dari kegagalan-kegagalan  yang pernah kami alami.Tapi semua cobaan itu bisa kami lewati terbukti usaha keluarga saya  semakin besar.

4) Cara membuat Klasifikasi Bisnis
1. Untuk menemukan gagasan
     Ada 4 untuk memperoleh gagasan peluang bisnis baru :
a)      Diri sendiri
         Kepekaan untuk bertanya dengan diri sendiri,apa yang diperlukan dan dibeli oleh orang lain.
b)      Pelanggan dan pesaing
 Sulit,karena tidak selalu jujur mengatakan segala hal yang ingin diketahui.
c)       Pasar
 Keberhasilan suatu produk disatu pasar kerap kali melahirkan gagasan tentang sukses dan potensial disuatu pasar lain.
d)      Produk yang gagal
 Suatu evaluasi yang mendalam atas produk yang baru
2. Gagasan yang berhubungan dengan peluang bisnis
1. analisis persoalaan
2. analisis situasi
3. merumuskan wilayah yang tidak diketahui
4. mensurvei pelanggan sasaran



Sumber :
2) http://tipsserbaserbi.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-bisnis-menurut-para-ahli.html
3)  http://jendeladelia.blogspot.co.id/2015/02/karakteristik-sistem-bisnis.html
4) http://amikhadija.blogspot.co.id/2012/10/peranan-bisnis-bagi-kehidupan.html

5) Modul Pengantar Bisnis

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Dewi purnamasari - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -