Posted by : Dewi Purnamasari
Selasa, 06 Juni 2017
Pizza
DFM
Pizza adalah salah satu
makanan khas Italia yang memiliki bentuk bundar dan pipih yang dipanggang di
oven dan biasanya dilumuri dengan saus tomat serta keju dengan bahan makanan tambahan
lainnya yang bias dipilih. Keju yang biasanya dipakai untuk membuat pizza
adalah keju mozzarella atau keju pizza. Tapi, kali ini DFM pizza membuat pizza
yang berbeda dari sebelumnya yaitu pizza cone, pizza roses, pizza meler dan
pizza lumer.
Marketing mix (4p)
1.
Product
2.
Price
Nama Menu
|
size
|
||
Personal
|
Sedang
|
Besar
|
|
Meat
Lovers
|
Rp
34.000 - Rp 52.000
|
Rp
74.000 - Rp 98.000
|
Rp
105.000 - Rp 139.000
|
Super
Supreme
|
Rp
34.000 - Rp 52.000
|
Rp
74.000 - Rp 98.000
|
Rp
105.000 - Rp 139.000
|
American Favourite
|
Rp 33.000
- Rp 51.000
|
Rp
70.000 - Rp 94.000
|
Rp
99.000 - Rp 133.000
|
Tuna
Melt
|
Rp
33.000 - Rp 51.000
|
Rp
70.000 - Rp 94.000
|
Rp
99.000 - Rp 133.000
|
Black
Pepper Chicken/Beaf
|
Rp
33.000 - Rp 51.000
|
Rp
70.000 - Rp 94.000
|
Rp 99.000
- Rp 133.000
|
Hawaiian Chicken
|
Rp
33.000 - Rp 51.000
|
Rp
70.000 - Rp 94.000
|
Rp
99.000 - Rp 133.000
|
Cheeseburger Pizza
|
Rp 35.000 - Rp 53.000
|
Rp 75.000 - Rp 99.000
|
Rp
106.000 - Rp 140.000
|
Duluxe Cheese
|
Rp 32.000 - Rp 50.000
|
Rp
67.000 - Rp 91.000
|
Rp
95.000 - Rp 129.000
|
A. Menu
Pizza Utama
B. Menu
Pizza Unique
Nama Menu
|
size
|
||
Personal
|
Sedang
|
Besar
|
|
Pizza Cone
|
Rp 25.000 - Rp 35.000
|
Rp 45.000 - Rp 55.000
|
Rp 70.000 - Rp 90.000
|
Pizza Roses
|
Rp 40.000 - Rp 55.000
|
Rp 60.000 - Rp 85.000
|
Rp 90.000 - Rp 130.000
|
Pizza Meler
|
Rp 35.000 - Rp 50.000
|
Rp 65.000 - Rp 80.000
|
Rp 95.000 - Rp 110.000
|
Pizza Lumer
|
Rp 30.000 - Rp 45.000
|
Rp 60.000 - Rp 75.000
|
Rp 90.000 - Rp 105.000
|
3.
Place
Jl.
Margonda Raya No.36 Sebelah Sevel
4.
Promotion
Promosi
adalah salah satu usaha perusahaan memberikan informasi dan mempengaruhi serta
menarik konsumen secara langsung terhadap produk yang dihasilkan. Promosi juga
salah satu cara paling efektif dalam merebut konsumen dipasaran serta
memperkenalkan barang-barang baru yang di produksi.
a. Media
Social
Kami memilih media
social sebagai media utama kami. Kerena media social yang bersifat terbuka,
bebas dan umum mempermudahkan kami untuk memperkenalkan produk kami ke
masyarakat yang banyak hanya dengan memposting foto produk.
b. Mulut
ke Mulut
Penyebaran melalui
media social akan terjadi sangat cepat ketika seseorang telah mengetahui
informasih yang berasal dari social media maka ia akan merekomendasikan hal
tersebut kepada teman-teman sekitarnya.
Pengembangan Produk
1. Melakukan Perubahan Menu
Cara pengembangan produk pizza itu biasanya hanya melakukan perubahan topping. Ketika kita melihat pendapatan dari setiap menu pizza yang ada, kita sudah mengetahui menu manakan yang telah yang menjadi favorit pengunjung. Misalkan kebanyakan pengunjung itu lebih menyukai menu pizza yang toppingnya keju maupun daging, akan tetapi di menu topping ikan sangat sedikit diminati oleh pengunjung. Disinilah kami mengambil tindakan untuk mengubah menu, mengganti topping ikan dengan topping-topping yang telah menjadi favorit di Indonesia ataupun yang telah di request oleh pengunjung.
2. Memaksimalkan Pelayanan
Salah satu cara mengembangkan produk pizza ini dengan cara memaksimalkan
pelayanan, dengan menyediakan WiFi
Gratis dengan Speed kencang sehingga semakin banyak pengunjung yang nyaman dan
betah dengan pelayanan kami.
3. Tempat Makan yang Nyaman
Tempat makan kami memiliki 2 jenis, yaitu tempat indoor, dan juga outdoor.
Dengan begitu bagi pengunjung bisa memilih tempat makan yang nyaman.
4. Free Pizza
Setiap pengunjung yang memesan pizza untuk ukuran besar dan juga banyak
kami akan memberikan free 1 pizza untuk pembelian diatas Rp 400.000
Target pasar
Dari
segmentasi target pasarnya dari anak-anak sampai orang dewasa yang mungkin
mempunyai penghasilan yang cukup dalam arti semua masyarakat dari lapisan menengah
hingga lapisan atas.
BISNIS ADVISOR
Gibran
Rakabuming
Jika
saya memiliki bisnis advisor,saya akan memilih Gibran
Rakabuming karena walaupun dia memiliki seorang ayah yang nomor 1 di Indonesia dan
juga Pak Jokowi merupakan pebisnis mebel, tapi Gibran tak mau menebeng bisnis
itu. Dia malah ngotot mendirikan usaha sendiri di bidang katering dan wedding
organizer.
Namun kengototannya
berbuah manis. Dia memulai bisnisnya dengan mencari pinjaman dari bank, sebab
ayahnya ingin dia mandiri. Dari tujuh proposal permohonan yang dikirim ke bank,
hanya satu yang tembus.Mendapatkan dana dari bank walaupun
jumlahnya sangat jauh dari yang ia harapkan.Namun meskipun dengan modal yang
bisa dikatakan terbatas tersebut, Gibran Rakabuming tetap bertekad untuk
mendirikan sebuah usaha katering. Ia tidak mau hanya gara-gara modal terbatas
membuat ide usahanya ‘terpenjara’ tanpa bisa diaktualisasikan.
Dari
modal itulah dia membangun Chili Pari. Mulanya dia hanya melayani pesanan dalam
jumlah kecil. Namun kemudian dia mulai menangani order besar dengan jumlah tamu
hingga ribuan orang.
Saat
ayahnya menjabat Wali Kota Solo, dia tak mau melayani order dari pemerintah
setempat karena khawatir dianggap bermain mata. Kini, setelah ayahnya hijrah ke
Jakarta sebagai presiden, Gibran lebih leluasa menjalankan bisnisnya yang
semakin meningkat.
SUMBER :
NAMA KELOMPOK :
1. DEWI
PURNAMASARI 21216904
2. FIRABIAN 22216851
3. MAHATHIR
24216220